Kandungan Komposit Beton


Kandungan Komposit Beton


Kandungan Komposit beton


Asslalamualaikum,Wr,wb.
Kali ini saya akan melanjutkan pebahasan postingan kemarin tentang (Komposit Beton). Dari pembahasan kemarin belum saya jelaskan mengenai kandungan apa saja yang terdapat pada komposit alam.

Seperti yang sudah kita bahas Komposit adalah serat dari alam yang berguna sebagai bahan tambahan pembuatan beton. Mungkin banyak pertanyaan yang muncul di benak kita “Apasih kandungan yang ada di dalam serat alam , sehingga serat alam mampu menjadi bahan tambahan dalam proses pembuatan beton. Atau “ Apa sih keuntungan membuat beton dengan menambah bahan tambahan komposit alam ?” Mungkin Masih banyak lagi ya pertanyaan dari kalian . Oke langsung saja kita bahan mengenai kandungan apa saja ayang terdapat di dalam komposit alam.


KOMPOSIT ALAM ,Memang dapat digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan beton karna kandungan seratnya, namun bukan karena seratnya saja yang kita utamahan namun juga kandungan kandungan yang ada di dalam serat alam tersebut. Di dalam komposit alam  terdapat 3  kandungan utama yaitu: selulodsa, hemiselulosa  dan lignin. Dan tidak semua komponen yang terdapat dalam serat alam bisa menambah kuat desak dan kuat tarik beton. Lignin sebagai komponen serat alam diketahui memiliki dampak negatif jika digunakan sebagai bahan tambah dalam pembuatan beton. Dari buku yang di tulis oleh Edwin Azwar, S.T., Pg.D., M.T.A., Ph.D.,  dijelaskan bahwa kandungan lignin pada serat alam dapat mengurangi kuat tari sebesar 500 MPA. Selulosa dapat Menambah kuat tarik  Sebesar 2000 Mpa (Siswadi dkk, 2007.)

      
       Dapat ditarik kesimpulan bahwa, Penggunaan komposit alam sebagai bahan tambah dalam pembuatan beton Dapat berdampak buruk jika dilakukan secara sembarangan, kita sudah ketahui bahawa di dalam komposit alam terdapat zat LIGNIN yang dapat berdampak buruk jika digunakan sebagai bahan atambah pembuatan beton. “ Apakah Komposit alam masih bisa digunakan sebagai bahan tambah dalam pembuatan beton?” Tentu saja bisa namun Sebelim kita mengunakan komposit alam sebagai bahan tambah dalam pembuatan beton perlu dilakukan penelitian guna mengurangi kandungan lignin yang ada di dalam Komposit Alam. Penelitian yang benar Terhadap komposit alam akan dapat menjadi solusi dari kelemahan komposit alam sebelum kita menggunakannya sebagai bahan tambah dalam pembuatan beton .


Jika Kalian memiliki pertanyaat atau kritikan seputar postingan ini silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar, dan bagi kalian yang ingin selalu update blog karya tulis mahasiswa kalian bisa follow google+.

Sekian dari saya atas kekurangannya saya mohon maaf yang sebesar besarnya. 



Wassalamualaikum, Wr,Wb.

Thanks TO:      



Youthprogressive.com                                                    



        Stratawma.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini