Beton Sebagai Material Akustik


Beton Sebagai Material Akustik


Beton Sebahgai material akustik

Assalamualaikum,Wr,Wb.
Dalam Pembahasan kali ini, Saya akan membahas mengenai “Beton Sebagai Material Akustik” Setelak pembahasan kita sebelumnya mengenai “Kandungan Komposit beton”. Dari pembahasan sebelumnya kita sudah membahas mengenai karaktristik mekanik beton, Selain itu telah dilakukan penelitian mengenai fungsi beton sebagai material akustik yang mampu mereduksi suara agar dapat mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh suatu bangunan.Keputusan Menteri Lingkungan Hidup (No. Kep 48/ MENLH/ 11 /1996); tentang Baku tingkat kebisingan mengistilahkan Kebisingan adalah bunyi yang tidah diinginkan dari usaha/ kegiatan manusia dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan”. 

     Kebisingan merupakan suatu masalah yang sedang dihadapi Indonesia terutama di daerah perkotaan. Kebisingan tertinggi disebabkan oleh kendaraan bermotor, roda empat atau lebih. Yang berakibat terjadi kebisingan hingga kedalam ruangan. Kebisingan didalam ruangan menjadi masalah yang sangat penting untuk bisa mencapai tingkat kenyamanan di dalam ruang, ketenangan sangat dibutuhkan agar dapat melakukan kegiatan di dalam ruang dengan nyaman.

Kebisingan di dalam ruang memiliki beberapa faktor anatara lain. Pemilihan material yang kurang tepat dapat menjadi salah satu penyebab kebisingan yang terjadi di dalam ruang yang berdampak terhadap kenyamanan pengguna ruang. Setiap bahan bangunan yang dipakai memiliki tingkat serap bunyi yang berbeda beda. Sudah hukumnya jika bunyi akan dipantulkan jika mengenai permukaan  yang keras. Bahan banngunan seperti kaca, beton, besi, batu bata akan memantulkan hampir semua bunyi yang mengenainya. Material partisi dinding umumnya du\ibuat dari rangka besi Hollow dan gypsum. Komposit alam seperti pelepah pisang dapat menjadi bahan dinding kedap suara sehingga bisa memanfaatkan potensi lokal (Suharyadi dkk,2014).

Pelepah pisang memiliki tekstur serat dan berpori dapat menjadi alternatif bahan dasar pembuatan dinding kedap suara. Beberapa penelitian sudah membuktikan hal tersebut.

Dapat ditarik kesimpulan bahawa Pembuatan beton sebagai bahan material akustik harus juga memperhitungkan tentang daya serap/ redam terhadap bunyi, guna memberikan kenyamanan bagi pengguna ruangan. Dan untuk membuat tembok yang memiliki daya serap terhadap bunyi dengan harga yang terjangkau kita dapat memanfaatkan pelepah pisang yang sudah dikeringkan sebagai bahan dasar alternatifnya. Di dalam ilmu Teknik sipil telah diajarkan bagaimana cara kita dapat membangun dan sekaligus dapat mengurangi pencemaran lingkungan, penggunaan bahan alami sebagai bahan pembuatan tembok akan berdampak baik  terhadap kondisi lingkungan selain itu penggunaan pelepah pisang yang sudah kering sebagi bahan dasar pembuatan tembok akan dapat mengurangi biaya produksi dan dapat meningkatkan efisinsi dalam penggunaan dana proyek yang nantinya akan menguntungkan bagi kita dan lingkungan.

Jika kalian memiliki komentar seputar postingan ini kalian bisa meninggalkan komentar di kolom komentar dan kalian juga bisa memberikan kritik yang disertai saran karena “ Kita mahasiswa kaum terdidik jadi sudah seyogyanya kita mengerti tentang adab mengkritik”
Dan bagi kalian yang ingin mengikuti kiriman terbaru kami kalian bisa subscribe akun GOOGLE+ di pojok.

Sekian dari saya atas kurangnya saya mohon maaf. 
Wassalamualaikum, Wr,Wb.





Terimakasih kepada :

Stratawma.blogspot.co.id



Youthprogressive.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini