Komposit Beton

Komposit Beton 



Assalamualaikum,Wr,wb. 
Kali ini kita akan membahas tentang Komposit Beton.

Beton adalah salahsatu bahan baku utama dalam pembangunan infrastruktur di indonesia. Untuk membuat beton dibutuhkan minimal empat bahan penyusun utama, yaitu agregat kasar, agregat halus, air dan semen dapat pula ditambahkan bahan penyusun lain. Beton memiliki ketahanan terhadap tekanan yang baik namun memiliki kuat tarik yang kurang baik. Kuat tarik beton hanya mencapai 10%- 15% dari nilai kuat tekannya (Prayuda, 2012.). Sifat tersebut dapat memicu retakan kecil yang nantinya dapat menyebabkan beton mengalami keruntuhan bila beton diberikan penambahan beban.

Dalam penelitian Ermiti M (2010) Penambahan serat alam dapat meningkatkan sifat mekanis Beton, di dalam penelitianya mennjukan penambahan serat alam sebesar 0,5% tehadap berat total akan menambah nilai kuat dan tarik beton sebesar 11,39%. Penambahan serat alam dapat meningkatkan nilaikuat tekan beton yang pada dasarnya memang sudah cukup baik yaitu (22,22 Mpa)

Kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ARti dari kata KOMPOSIT yaitu bahan baku tambahan yang didapatkan dari serat alam / dengan memanfaatkan limbah alam.

Di dalam CIVIL ENGINERING selain dituntut untuk dapat membuat sebuah bangunan yang Kuat dan ekonomis, Kita juga harus dapat memanfaatkan limbah alam guna membantu menjaga ekosistem dan terlebih lagi kita akan mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan limbah alam dari segi kekuatan bangunan dan kita juga dapat menghemat uang proyek.   



Sekian dari saya Atas Kekurangannya saya mohon maaf .
Wassalamualaikum,wr, wb.

THANK TO:
                      stratawma.blogspot.co.id
                      youthprogressive.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini