SPESIFIKASI DAN PERFORMA EVERCOSS WINNER T PLUS COMPO

SPESIFIKASI DAN PERFORMA EVERCOSS WINNER T PLUS COMPO

Review Evercoss Winner T Plus Compo  Dear Pembaca! Kali ini Admin membahas review Evercoss Winner T Plus Compo A74E secara keseluruhan. Smartphone Winner T Plus Compo ini pada dasarnya nggak jauh beda dengan Winner T yang dirilis tahun lalu, perbedaan yang paling mencolok ada pada ukuran speakernya yang besar dan kapasitas baterainya yang juga lebih besar.
Melihat harganya yang hanya 600 – 700 ribu-an, jangan berharap lebih. Simak ulasan review Evercoss Winner T Plus Compo dengan big speaker oleh kali ini.
Spesifikasi Evercoss Winner T Plus Compo
·         Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
·         Chipset Spreadtrum SC7731 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz
·         Grafis Mali-400MP2
·         Kamera belakang 5 megapiksel fixed focus, dual LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
·         Layar 4 inci, dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel berteknologi panel TFT kapasitif dengan kerapatan 233 piksel per inci
·         Memori RAM 1GB, Memori internal 8GB plus slot microSD maksimal 32GB
·         WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, big speaker
·         Mendukung jaringan GSM/3G HSPA
·         Dimensi 6.4 x 0.7 x 12.5 cm berat –
·         Baterai 1600mAh
·         Warna Black dan White

Tampilan Antarmuka Evercoss Winner T Plus Compo

Sistem operasi atau sisi perangkat lunak merupakan salah satu poin penting pada review Evercoss Winner T Plus Compo A74E kali ini. Merek lokal ini membekali Winner T Plus Compo dengan sistem operasi Android 5.1 Lollipop yang mengusung antarmuka yang telah mendapat sentuhan dari Evercoss.
Meski demikian, secara umum penampilannya tak jauh berbeda dengan Android stock. Beberapa ikon bawaan smartphone Winner T Plus Compo ini berbeda dengan Android stock. Saat kita menggunakan ponsel Winner T Plus Compo ini, kita akan disuguhi tampilan standar Android yang terdiri dari Lockscreen, Home Screen, dan Menu Drawer.
Antarmuka Winner T Plus Compo ini menawarkan fasilitas kostumisasi yang relatif standar. Kita dapat mengganti wallpaper lockscreen maupun homescreen, menambah atau mengurangi widget, tetapi nggak bisa nambah homescreen secara manual.
Aplikasi dasar seperti Messages, Dialpad, Gallery, kalender, dan lainnya relatif sama atau standar. Evercoss membekali Winner T Plus Compo dengan aplikasi bawaan yang terbilang lumayan banyak, seperti Facebook, BBM, Clean Master, Everstore, ColorNote, GoFlashLight, dan U-Box. Keberadaan Everstore ini bisa menjadi alternatif dari Google Play Store.
Smartphone ini juga dilengkapi dengan aplikasi  file manager standar. Aplikasi galery yang diusung juga galery stock Android yang dilengkapi fitur editing foto dasar. Smartphone ini didukung oleh Google Camera sebagai aplikasi kamera utama.
Smartphone murah Evercoss Winner T Plus Compo ini adalah dibekali dengan aplikasi player musik proprietary, jadi nggak pakai Google Play Music hehehehe… Sayangnya nih, tampilan aplikasi musik bawaan smartphoneWinner T Plus Compo ini mengusung warna yang nggak banget untuk cowok Yap, warna Pink! Beruntung, aplikasi musik Winner T Plus Compo ini lumayan lengkap fiturnya, termasuk adanya equalizer untuk menyesuaikan keluaran suara sesuai selera.
Secara umum, review Evercoss Winner T Plus Compo di sektor perangkat lunak ini relatif tidak ada kendala. Antarmuka dan fiturnya tak jauh berbeda dengan Android stock, serta didukung fitur unik yang disebut dengan Gesture Smart Access.
Performa UI-nya awalnya nggak terlalu mulus, tetapi hal tersebut sudah terselesaikan melalui update terbarunya melalui OTA (Over the Air).

Performa Evercoss Winner T Plus Compo

Sektor performa pada review Evercoss Winner T Plus Compo memang bukan poin yang ditonjolkan gan, mengapa? Spesifikasi Winner T Plus Compo sebenarnya masih sama dengan Winner T standar, hanya saja sudah hadir dengan OS yang lebih baru, yakni Android 5.1 Lollipop.
Prosesor quad-core yang diusung oleh Winner T Plus Compo memang bukan hal yang mewah lagi di pasar low-end.
Evercoss membekali smartphone murah meriah berspeaker besar ini dengan chipset Spreadtrum SC7731 yang didalamnya mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Grafis ponsel ini dipercayakan pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-400 MP2. Sekilas, spesifikasinya sama persis dengan ponsel Lenovo A1000 yang Admin Blog review beberapa waktu lalu.
Akhir-akhir ini memang semakin banyak vendor ponsel yang mengadopsi chipset Spreadtrum ketimbang MediaTek untuk kelas entry-leve. Nggak cuma merk lokal sererti Evercoss, bahkan brand global seperti Lenovo dan  Samsung pada pakai Spreadtrum.
Kinerjanya nggak banyak berbeda jika dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, misal MediaTek MT6580. Skor benchmark yang dihasilkan Spreadtrum memang relatif lebih kecil daripada MediaTek MT6580.

Review Evercoss Winner T Plus Compo

Sampaila kita pada bagian akhir dari review Evercoss Winner T Plus Compo! Seperti apa performa yang dihasilkan smartphone dengan big speaker ini? Smartphone yang mengandalkan tenaga dari chipset Spreadtrum SC7731 yang didalamnya mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB, serta grafis ponsel ini dipercayakan pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-400 MP2 ini ternyata memang nggak se-smooth yang di duga.
Sebelum ada update, performa smartphone Winner T Plus Compo ini relatif kurang nyaman karena buka tutup aplikasi terasa lag. Namun, setelah update melalui OTA tersedia, performanya mulai membaik. Perpindahan menu dan buka tutup aplikasi terasa lebih gegas, meski kadang muncul lag yang tidak terlalu mengganggu.
Skor benchmark AnTuTu ponsel Winner T Plus Compo ini memang sukses menembus angka 20 ribu, tetapi ini membuktikan bahwa skor tersebut tak selalu relevan dengan penggunaan sehari-hari. Bandingkan dengan Lenovo A1000 yang spesifikasinya mirip dan skornya AnTuTu-nya lebih rendah, malah justru kinerjanya lebih smooth.
Kualitas layar yang diusung oleh Evercoss Winner T Plus Compo ini bisa dikatakan sangat standar untuk kelas entry-level. Layar ponsel ini menampilkan warna yang cukup baik dan terang, tetapi viewing angle atau sudut pandangnya sangat buruk.
Kita lihat dari sudut yang tak terlalu ekstrem saja, warna yang dihasilkan langsung pudar. Tak hanya itu, saat kita menikmati video dengan posisi landscape, terasa kurang nyaman karena viewing anglenya yang terbatas.
Kinerja layar Winner T Plus Compo di bawah sinar matahari juga kurang bagus, agak kesulitan melihat gambar dan teksnya, padahal brightness sudah di-set maksimal. Respon touchscreen Winner T Plus Compo ini juga kadang agak lambat, terutama pada bagian pinggir dekat bezel.
Sektor audio mungkin bagian yang paling ditunggu-tunggu pada review Evercoss Winner T Plus Compo ini, iya kan? merek lokal ini dilengkapi dengan sebuah speaker berukuran besar di bagian belakang. Keluaran suara speakernya sangat kencang, tetapi akan sember atau pecah jika menggunakan volume penuh. Kualitas suara speakernya kurang memuaskan, treble-nya nggak keluar dan musik secara keseluruhan tidak terdengar detail
Free RAM smartphone Winner T Plus Compo andalan Evercoss ini standar gan, yakni 518MB saat pertama kali digunakan. Ponsel Winner T Plus Compo ini tidak mendukung USB OTG dan sudah dua flash disk OTG dicoba, hasilnya tidak terdeteksi.
Konektivitas pada review Evercoss Winner T Plus Compo kali ini cukup lengkap gan, yakni 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, GPS, dan dual SIM. Baik SIM 1 maupun SIM 2 sama-sama mendukung jaringan 3G HSPA, kita bisa memilih sesuai kebutuhan. Lock GPS ponsel Winner T Plus Compo ini tebilang agak lambat, tetapi lumayan akurat. Sedangkan WiFi dan Bluetooth bekerja dengan baik, tanpa masalah.
Evercoss Winner T Plus Compo dibekali dengan baterai berkapasitas standar, yakni 1600mAh. Daya tahan baterai smartphone Winner T Plus Compo ini cukup standar dan bisa dikatakan bertahan seharian. Isi ulang baterai pada pagi hari dan baterai tersisa 15% pada malam sekitar pukul 8 dengan penggunaan intensitas sedang, dan tidak digunakan untuk bermain game. Jika penggunaan lebib intensif dan lebih berat lagi, seperti bermain game, maka daya tahannya bisa lebih singkat lagi.
Secara umum, Evercoss Winner T Plus Compo merupakan smartphone murah yang mengandalkan sektor audio sebagai daya tarik utamanya. Speaker berukuran besar yang diusungnya mampu menghasilkan suara yang kencang, meski kualitasnya pas-pasan.
Duet prosesor quad-core dengan kapasitas RAM 1GB mampu menghasilkan kinerja yang mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi tampaknya masih perlu optimasi lagi agar lebih smooth. Sayangnya, kamera yang diusung oleh Evercoss Winner T Plus Compo ini buruk dan kurang bisa diandalkan. Setidaknya kamera ponsel di kelas ini kualitasnya setara dengan Huawei Y3 Batik.
Kelebihan Evercoss Winner T Plus Compo
·         Harga terjangkau
·         Kapasitas RAM 1GB
·         Speaker besar dan kencang
Kekurangan Evercoss Winner T Plus Compo
·         Kamera buruk
 Sampai di sini dulu review Evercoss Winner T Plus Compo, semoga bermanfaat bagi Pembaca semua 


Komentar

Postingan populer dari blog ini