REVIEW TEKNOLOGI KAMERA XIAOMI REDMI 3

Review Kamera Xiaomi Redmi 3 Dear Pembaca! Pada kesempatan kali ini admin akan membahas review kamera Xiaomi Redmi 3 yang mengusung resolusi 13 megapiksel dengan teknologi PDAF (Phase Detection Auto Focus).

REVIEW TEKNOLOGI KAMERA XIAOMI REDMI 3

Spesifikasi Kamera Xiaomi Redmi 3

Spesifikasi kamera yang diusung oleh Xiaomi Redmi 3 ini sebenarnya tidak jauh beda dengan Redmi Note . Pada review kamera Xiaomi Redmi 3 kali ini, smartphone tersebut mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3M2 (TBC) berukuran 1/3,06 inci yang dilengkapi dengan teknologi phase-detection autofocus (PDAF).
Teknologi ini mampu meningkatkan kecepatan fokus secara signifikan. Tidak sampai di situ, Xiaomi juga mempersenjatai Redmi 3 ini dengan lima elemen lensa dengan aperture f/2.2 yang ditemani single LED flash untuk membantu memotret di tempat kurang cahaya.
Xiaomi Redmi 3 ini dibekali dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel yang menggunakan sensor OmniVision OV5670 dengan aperture f/2.2, fixed focus. Spek kamera depan ini udah lumayan bagus lho kalau cuma buat ritual selfie sendiri

Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 3

Antarmuka aplikasi kamera pada Xiaomi Redmi 3 ini terdiri dari dua bagian, yakni viewfinder dan panel kontrol pada sisi kanan. Panel kontrol dengan background hitam agak memakan ‘jatah’ viewfinder. Akan tetapi panel tersebut bisa jadi transparan kalau kita set aspek rasio foto dari 4:3 ke 16:9
Panel kontrol pada Redmi 3 ini terdapat tombol untuk mengatur LED flash yang berlambang kilat, ketika kita sentuh maka akan muncul opsi Auto, On, dan Off. Kemudian juga terdapat tombol HDR (High Dynamic Range) On atau Off, pengaturan LED flash Off, Auto, dan On, serta tombol switch ke kamera depan. Selain itu, juga terdapat tombol mode video, tombol shutter, dan tombol shortcut untuk mengakses galeri.
Aplikasi kamera bawaan Xiaomi Redmi 3 ini dilengkapi dengan 12 jenis filter yang terdiri dari Mono, Vivid, Yesteryear, Blur, Fish Eye, Mosaic, Dawn, Japanese, Autumm, Indigo, Normal, dan Mirror. Review kamera Xiaomi Redmi 3 kali ini menyediakan enam mode kamera yang terdiri dari Panorama, Timer, Gradient, Manual, Beautify, Scene Mode, dan HHT (Hand Held Twilight). Sayangnya, pada mode manual hanya disediakan fasilitas untuk mengatur ISO dan White Balance saja.

Review Kamera Xiaomi Redmi 3

Sampailah kita pada bagian akhir review kamera Xiaomi Redmi 3! Yap, meski sampel fotonya nggak sebanyak biasanya, setidaknya admin dan pembaca sekalian dapat gambaran sejauh mana kemampuan kamera ponsel Redmi 3 ini.
Kondisi mendung pekat, hasil jepretannya agak gelap, bisa dimaklumi mengingat kondisi mendung. Meski demikian, foto yang dihasilkan oleh Xiaomi Redmi 3 cukup baik di kelas under 2 juta.
Meski kondisi agak gelap, foto yang dihasilkan masih mampu menghasilkan detail yang lumayan. Warna yang dihasilkan memang sedikit pudar tetapi tak terlalu jauh dari warna aslinya. Dynamic range yang dihasilkan juga relatif standar. Noise yang dihasilkan terbilang lumayan, tetapi tidak terlalu mengganggu. Hasil jepretannya mungkin bisa lebih baik lagi jika cuaca cerah
Ketika HDR (High Dynamic Range) diaktifkan, terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Foto yang dihasilkan lebih tajam, warna lebih vivid, dan langit tidak lagi overexpose. Sedangkan pada bagian yang gelap (pagar di bawah pohon) tampak terlihat lebih jelas. Sama seperti smartphone kelas entry-level menengah lainnya, proses penyimpanan foto dengan mode HDR ini memang sedikit lebih lama.
Saat digunakan untuk foto macro, kamera Redmi 3 tampaknya nggak terlalu terpengaruh dengan cuaca yang mendung banget alias agak gelap. Hasil jepretannya tetep terang dan menghasilkan kualitas yang sebagaimana mestinya. Kecepatan fokus bisa diacungi jempol, warna yang akurat, dan detail yang dihasilkan juga cukup tinggi.
Kamera depannya gimana? Karakter fotonya memang agak soft, sehingga detailnya agak kurang. Jika fasilitas beautify-nya dimatikan, detailnya bisa lebih baik. Secara umum udah lebih dari cukup kalau buar ritual selfie.
Berdasarkan hasil review kamera Xiaomi Redmi 3 di atas, secara umum kamera ponsel ini mampu menghasilkan foto yang cukup baik di kelasnya. Namun, bukan yang terbaik. Performanya agak menurun ketika kurang cahaya. Selain itu, kecepatan fokusnya juga melambat ketika kondisi cahaya minim.
Ini sebenarnya wajar sih untuk smartphone dengan harga di bawah 2 juta. Kamera Redmi 3 sudah bisa diandalkan untuk jeprat-jepret sehari-hari.Sampai di sini dulu review kamera Xiaomi Redmi 3 kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.


Komentar

Postingan populer dari blog ini