REVIEW SPESIFIKASI SMARTPHONE KELAS MENENGAH ACCESSGO GOTUNE 3

REVIEW SPESIFIKASI SMARTPHONE KELAS MENENGAH ACCESSGO GOTUNE 3

Review Accessgo Gotune 3 – Halo viewer! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas review Accessgo Gotune 3 yang merupakan ponsel 3G harga sejuta alias kelas menengah dengan layar lengkung 2,5D. 
Jujur saja selain harga yang murah,  Accessgo Gotune 3 ini memiliki desainnya yang menawan.  Spesifikasi ponsel Gotune 3 ini tergolong lumayan, berikut ulasan, spesifikasi, dan review Accessgo Gotune 3.

Spesifikasi Accessgo Gotune 3

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
  • Chipset MediaTek MT6580 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz
  • Grafis Mali-400MP2
  • Kamera 8 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 5,5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel.
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB dilengkapi slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual Micro SIM
  • GSM / 3G HSDPA
  • Dimensi 157,6 x 78,1 x 8,8 mm berat 190 gram
  • Baterai 2500mAh removable
  • Warna Metal Gray, Silver, Gold

Berikut paket kelengkapan pembelian pada smartphone Accessgo Gotune 3

  • Handset Accessgo Gotune 3
  • Baterai 2500mAh
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset model IEM (In-Ear Monitor)
  • Kartu Garansi
  • Buku Manual
  • Screenguard (terpasang di layar)

Salah satu hal yang menarik pada review Accessgo Gotune 3 kali ini adalah desainnya! sekilas smartphone Gotune 3 ini terlihat seperti iPhone 6 Plus. Smartphone ini mengusung desain sudut yang membulat untuk kenyamanan saat menggenggam.
Tak hanya itu, bagian sisi atau pinggir casing Accessgo Gotune 3 ini membulat, jadi nyaman banget kalau kita menggenggamnya. Akan tetapi, dimensi smartphone ini lumayan lebar dan agak besar, 
Salah satu kelebihan smartphone Accessgo Gotune 3 ini telah dilengkapi dengan layar 2.5D pada bagian depan. Yang disebut dengan layar 2.5D ini layar yang pinggirnya melengkung.
Sisi depan smartphone murah Accessgo Gotune 3 ini terdapat lubang kamera depan, sensor proximity, earpiece, layar sentuh berukuran 5,5 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.
Sedangkan bagian belakang smartphone Gotune 3 andalan Accessgo ini terdapat kamera belakang, LED flash, logo Accessgo, dan tulisan Gotune 3 pada bagian bawah. Nah kalau dilihat dari belakang, 
ponsel Gotune 3 ini terlihat keren kayak iPhone.

Tampilan Antarmuka Accessgo Gotune 3

Sektor software atau perangkat lunak pada review Accessgo Gotune 3 kali ini relatif nggak istimewa atau biasa. Smartphone Gotune 3 besutan Accessgo ini menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka yang sebenarnya Android stock… Wew maksudnya gimana tuh? Yah berdasarkan pengamatan antarmuka atau UI yang diusung oleh smartphone Gotune 3 ini sebenarnya adalah Android stock, tetapi menggunakan ikon ala iOS.

Meski menggunakan ikon ala Apple iOS, susunan menu dan UI smartphone Accessgo Gotune 3 ini masih sama kayak Android Stock bray. Kita disuguhi tampilan Lockscreen, Homescreen, dan Menu Drawer.  
Sama seperti tipikal Android stock, pada review Accessgo Gotune 3 kali ini tidak menyediakan banyak menu kostumisasi.
Nggak ada fasilitas untuk menambah jumlah Homescreen secara manual, mengganti efek animasi, ganti font atau ganti themes.
Yah biar dikata Accessgo Gotune 3 ini mengusung natarmuka stock Android, tapi ponsel ini dibekali dengan fitur touch gesture lho… seperti smartphone Oppo atau Asus ZenMotion. Fitur ini disebut dengan Phantom touch yang memungkinkan kita mengakses fitur tertentu atau menjalankan aplikasi tertentu dengan menggambar huruf atau melakukan gerakan di layar pada kondisi layar off atau terkunci.
Accessgo Gotune 3 ini mengusung aplikasi musik player ganerik yang pernah dijumpai di beberapa smartphone entry-level lain, seperti Andromax ES dan Andromax C3. Tampilan UI musiknya sederhana dan kurang menarik, tetapi fiturnya lumayan lengkap.

Aplikasi bawaan smartphone Accessgo Gotune 3 relatif minim. Ini bisa menjadi kelebihan dan kekurangannya sob, kok bisa? Kelebihannya, kita bisa instal aplikasi yang bener-bener kita butuhkan dan tentunya memori internalnya lebih lega. Kekurangannya, kita musti download banyak aplikasi standar.
Jangankan aplikasi bawaan, layanan bawaan Google saja nggak komplit kok. Secara umum, review Accessgo Gotune 3 di sektor perangkat lunak dan sistem operasi relatif standar. Gotune 3 menggunakan antarmuka Android stock yang ringan dengan polesan ikon aplikasi yang mirip dengan Apple iOS. Fasilitas kostumisasi dan aplikasi bawaan Gotune 3 ini terbilang minim. Namun, minimnya aplikasi bawaan ini membuat kinerja ponsel Gotune 3 ini sangat ringan dan smooth.


Performa Accessgo Gotune 3

Pada review Accessgo Gotune 3 kali ini, sektor performa bukan menjadi unggulan atau daya tarik utamanya, mengapa? Namanya juga smartphone kelas menengah, kinerjanya ya standar Smartphone Accessgo Gotune 3 ini menggunakan SoC (System on Chip) atau chipset yang sama dengan yang dipakai oleh Asus Zenfone Go dan infinix Hot 2, yakni MediaTek MT6580 yang didukung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, smartphone ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Mali-400MP.

Review Accessgo Gotune 3

Yap akhirnya samapi di akhir bagian dari review Accessgo Gotune 3! Berdasarkan hasil cuap-cuap di atas, smartphone merk lokal buatan Tiongkok ini bisa dikatakan standar di kelasnya. Nggak jauh beda dengan smartphone lain ber-chipset MediaTek MT6580 lain seperti Inifinix Hot 2 misalnya. 
Performa sehari-hari dari smartphone Accessgo Gotune 3 ini lumayan smooth. Beberapa aplikasi sosmed dan aplikasi standar lainnya telah terinstal di dalamnya, performanya belum menunjukkan penurunan. Perpindahan menu dan buka tutup aplikasi relatif smooth dan gegas. Mengingat RAM yang diusung Accessgo Gotune 3 ini cuma 1GB, mungkin kalau aplikasinya lebih banyak lagi bakal muncul lag 
Meski harga yang ditawarkan terbilang murah, Accessgo membekali Gotune 3 dengan layar IPS HD dengan ukuran 5,5 inci dengan kaca melengkung 2.5D. Di atas kertas, spesifikasinya lumayan wah untuk harga nggak sampai sejuta. Lha kualitasnya bijimane gan? Di luar dugaan saudara-saudara….
Kualitas layar Accessgo Gotune 3 ini terbilang mantap di kelasnya, malah menurut admin beda tipis sama layar Alcatel Flash 2. Layar ponsel Accessgo Gotune 3 ini mampu menghasilkan warna yang hidup, tajam, padat, dan jernih. Viewing angle atau sudut pandang layar Gotune 3 ini juga luas, maklum coy udah IPS ini hehehehe…
Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Gotune 3 adalah dilengkapi dengan fitur MiraVision UI yang bikin tampilan layar makin oke. Sayangnya, performa layar Accessgo Gotune 3 ini di bawah sinar matahari cenderung standar, nggak bagus-bagus banget. Respon touchscreen Gotune 3 ini bisa dikatakan rata-rata di kelasnya, nggak terlalu gegas responya.
Menjajal speaker bawaan Gotune 3 untuk memutar beberapa lagu favorit, hasilnya? Keluaran suara speaker bawaanya nggak terlalu kencang dan didominasi treble. Kualitasnya rata-rata gan, soalnya suara treble-nya nggak detail dan bass-nya nggak jelas.
Bagaimana kualitas headset IEM bawaan Gotune 3? Seperti yang sudah diduga sebelumnya, hancur gan Bass, treble, dan vokalnya nggak jelas. Namun, ketika menggunakan headset Sennheiser HD 202 II, keluaran suaranya solid dan memuaskan, meski treble nya kurang detail.

Smartphone Accessgo Gotune 3 ini dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 8GB dan saat pertama kali digunakan, tersisa 5,07GB memori kosong yang dapat dimanfaatkan pengguna. Free RAM smartphone Gotune 3 andalan Accessgo ini lumayan banyak gan, yakni 699MB atau tepatnya 700MB saat pertama kali digunakan. Ponsel Gotune 3 ini tidak mendukung USB OTG dan sudah dua flash disk OTG dicoba, hasilnya tidak terdeteksi 
Konektivitas pada review Accessgo Gotune 3 kali ini cukup lengkap, yakni 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, GPS, dan dual SIM. Baik SIM 1 maupun SIM 2 sama-sama mendukung jaringan 3G HSPA, kita bisa memilih sesuai kebutuhan. Lock GPS ponsel Gotune 3 ini tebilang cepat dan lumayan akurat. Sedangkan WiFi dan Bluetooth bekerja dengan baik, tanpa masalah. … 
Ponsel Accessgo Gotune 3 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2500mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Daya tahan baterai ponsel ini terbilang standar menurut admin. Penggunaan single SIM aktif dengan intensitas penggunaan sedang mampu bertahan dari pagi hingga malam sekitar pukul 6 sore. Yah terhitung lumayan gan daya tahan baterainya.
Secara umum, Accessgo Gotune 3 ini merupakan salah satu smartphone yang menarik di kelas Rp 1 juta. Smartphone ini menawarkan desain yang menarik, elegan, dan sekilas mirip dengan ponsel premium besutan salah satu brand terkenal. Layar berukuran besar dengan resolusi HD yang menggunakan kaca 2.5D menjadi daya tarik tersendiri.
Kinerja smartphone Gotune 3 sudah cukup memadai untuk komunikasi sehari-hari. Sayangnya, kinerja kamera pada malam hari bisa dikatakan mengecewakan dan LED flash-nya redup. Ukuran Accessgo Gotune 3 ini agak besar dan berat.  Gotune 3 masih laik dipertimbangkan di kelasnya dan bersaing dengan Lenovo A1000, Asus Zenfone Go varian 4,5 inci, Himax Aura Y11, dan ZTE Blade A5.


Kelebihan Accessgo Gotune 3

  • Desain oke dengan layar 2.5D
  • Ukuran layar besar
  • Harga terjangkau

Kekurangan Accessgo Gotune 3

  • Kinerja kamera malam hari mengecewakan
  • Agak berat
Sampai di sini dulu ulasan review Accessgo Gotune 3 kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 

Komentar

Postingan populer dari blog ini