Captcha untuk Apa? Ada Tujuannya

Assalamu'alaikum Wr. Wb

captcha
captcha


Captcha  ( Complety Automated Public Turing test to tell Computers and Human Apart ) merupakan sejenis kaedah challenge respone untuk memastikan bahwa respon yang diterima merupakan buatan dari manusia, bukan bot yang diciptakan oleh Luis Von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper dan Jhon Langford  tahun 2000.

Sebelum adanya captcha, hacker hacker membuat suatu code perintah yang digunakan unutk membuat banyak email, kemudian hasil tersebut disalahgunakan, seperti untuk voting dan lain-lain. Jadi hampir seluruh form registrasi wajib memasukan captcha.

Ada bentuk lain dari captcha. Bukan hanya visual, tetapi ada juga dalam bentuk audio.

Fungsi utama captcha :

 1. Mencegah comment Spam
pada umumnya Pemilik web/blog/dll tidak hanya ingin komment webnya terlihat bagus dalam penampilan, kuantitas tapi tentu kualitas , tp gak tau kalo adminnya sendiri yang spam

2. Mencegah Spam Bot
Tau sendiri Kan bot tak bisa membaca captcha, karena string string pemrogramannya sudah tetap . tak mungkin capthca yang setiap saat berubah dapat dibaca kecuali kalau bot itu berasal dari engine Blog itu sendiri

3. Mencegah Flood
Siapa Yang Ingin Dia di Flood ? kecuali flood like tp kalau flood kata kata yang tidak pantas banyak lagi siapa yang mau coba ?? (Flood adalah mangirimkan data secara berulang ulang)

4. Melindungi Pendaftaran Email / User (khusus webmail)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini